Technical

Sistem refrigerasi pada chiller

Sebelumnya kita membahas mengenai sistem chiller dan aplikasinya secara global. Tetapi bagaimana cara membuat air menjadi dingin untuk di supply kedalam gedung. Proses yang di gunakan adalah pendinginan dengan sistem refrigerasi. Yaitu sistem yang terdiri dari compressor, condenser, expansion valve dan evaporator.

Compressor berfungsi untuk meningkatkan tekanan dari refrigerant / freon dari tekanan rendah menjadi lebih tinggi. Tentu saja dengan tekanan meningkat akan menghasilkan panas sehingga temperatur akan meningkat.

Disinilah fungsi condensor sebagai media perpindahan panas, gas refrigerant yang panas akan di dinginkan sampai mengembun (condens) menjadi liquid.

Liquid refrigeran dengan tekanan tinggi melalui media expansi, hal ini akan menurunkan tekanan dan suhu refrigerant sehingga dapat digunakan untuk proses pendinginan.

Evaporator berfungsi sebagai media perpindahan panas antara refrigeran dengan air pendinginan. Pada chiller evaporator berbentuk tabung dengan shell & tube karena media yang dipakai adalah refrigerant dan air.

Untuk penjelasan detail mengenai komponen Chiller akan kita bicarakan selanjutnya.

Titian Pramudya

8 tanggapan untuk “Sistem refrigerasi pada chiller

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s