Technical

FCU, AHU proses pada air side

Selama ini kita berbicara mengenai chiller yang mendinginkan air (water) tetapi bagaimana air dingin yang dihasilkan dapat menghasilkan udara dingin? Proses ini berada di sisi udara (air side). Equipment yang digunakan adalah AHU (air handling unit) atau FCU (fan coil unit). Unit yang digunakan sedikit berbeda dengan AC indoor yang selama ini kita kenal. Skematik nya dapat dilihat seperti gambar berikut

Air dingin (chilled water suppy) dialirkan melalui FCU / AHU sehingga udara yang melewati FCU / AHU menjadi dingin. Biasanya temperatur air dingin yang melewati FCU / AHU berkisar di 7C dan akan kembali pada suhu 12C. Suhu yang di supply oleh FCU / AHU tergantung dari setting di thermostat. Apabila thermostat sudah menditeksi suhu ruangan yang diinginkan maka 3 Way-valve akan bekerja mengalirkan air dingin kembali ke chiller. Proses ini disebut bypass.

AHU (Air Handling Unit) pada chiller biasanya berukuran besar dan digunakan untuk melayani beberapa ruangan / zona sekaligus. Karena ukurannya yang besar maka perlu di tempatkan pada ruangan khusus, biasa kita melihat dengan nama “Ruang AHU”. Karena melayani beberapa ruangan / zona sekaligus seringkali terjadi ketidak nyamanan oleh penggunanya. Ada beberapa area yang lebih panas atau lebih dingin, tentu saja hal ini perlu dilakukan penyesuaian dengan cara menambah / mengurangi airflow pada ducting di ruangan tersebut.

Berbeda dengan AHU, FCU biasanya lebih kecil dan memiliki bentuk yang bervariasi seperti ducting, cassete, wall. Dengan unit yang berdedikasi pada ruangan tersebut maka temperatur dapat diatur per ruangan dan menyesuaikan dengan kebutuhan penghuninya. Tentu saja semakin banyak FCU akan menyebabkan biaya equipment yang besar karena installasi dan unit nya lebih banyak daripada menggunakan satu unit besar.

Titian Pramudya

4 tanggapan untuk “FCU, AHU proses pada air side

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s