Technical

Chiller Surge, ketika lift compressor tidak memupuni

Ada sedikit perbedan karakteristik antara compressor centifugal dengan tipe lainnya. Compressor centifugal menggunakan prinsip gaya sentrifugal daripada positive displacement. Prinsip kerja ini lah yang membuat centrifugal chiller memiliki kapasitas lebih besar per compressor pada umumnya. Dengan menggunakan sudu/ impeller refrigerant akan dialirkan secara masiv sehingga terjadi peningkatan tekanan.

Walaupun kemampuannya yang besar, tetapi semua bergantung dari seberapa cepatnya putaran motor compressor. Ketika motor dan impeller berputar dengan RPM tinggi maka flow dan tekanan akan meningkat. Begitu pula sebaliknya, ketika motor & impeller berputar lebih lambat maka tekanan / flow akan berkurang.

Ada beberapa kekurangan dari sistem ini. Seperti kita ketahui dalam diagram P-h bahwa terdapat dua tekanan dalam sebuah chiller. Tinggi dan rendah. Ketika perbedaan tekanan tersebut menjadi jauh, maka kompressor akan sulit untuk mengejar perbedaan tekanan tersebut. Yang terjadi berikutnya adalah refrigeran dari tekanan tinggi akan kembali ke tekanan rendah melalui compressor. Hal ini yang dinamakan dengan surge / surging, indikasi yang dapat dirasakan adalah terjadi peningkatan noise pada compressor dikarenakan backflow. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka dapat merusak compressor.

Hal apa saja kah yang dapat menyebabkan surge / surging? Beberapa hal dibawah ini dapat menjadi penyebabnya:

  1. Besarnya tekanan pada condensor yang disebabkan oleh kurangnya pembuangan panas oleh cooling tower. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya flow pada cooling tower atau penumpukan kerak pada condensor.
  2. Rendahnya tekanan pada evaporator disebabkan kurangnya penyerapan panas oleh evaporator. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya flow pada primary flow atau penumpukan kerak pada evaporator.
  3. Kurangnya refrigerant pada sistem sehingga lift yang diharapkan tidak tercapai.
  4. Chiller bekerja part load sehingga flow yang dihasilkan tidak cukup untuk meningkatkan tekanan.

Untuk menanggulangi hal ini dapat dilakukan beberapa hal seperti menerapkan hot gas bypass yang akan membuang gas panas ke tekanan yang lebih rendah.

Titian Pramudya

Satu tanggapan untuk “Chiller Surge, ketika lift compressor tidak memupuni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s