LG Chiller · Technology

2 Stage centrifugal chiller; menaikkan effisiensi chiller

Ketika kita membicarakan proses pendinginan maka kita akan berbicara mengenai effisiensi. Pada sistem chiller effisiensi dihitung dari daya listrik(KW) per beban pendinginan (TR), atau biasa disebut dengan KW/TR. Untuk kapasitas besar biasa digunakan chiller dengan kompressor centrifugal. Banyak keuntungan yang didapat oleh penggunaan centrifugal compressor, salah satunya adalah effisiensi yang lebih tinggi. Dengan menggunakan gaya centrifugal maka didapatkan laju refrigeran yang besar dengan gesekan yang sedikit. Tetapi seperti kita ketahui bahwa centrifugall chiller mempunyai satu kelemahan, yaitu surge / surging, dimana kompressor tidak dapat meningkatkan tekanan lebih tinggi karena sudah melebihi daya angkat (lift) nya. Hal tersebut yang menyebabkan kehandalan centrifugal chiller dipertimbangkan kembali.

Salah satu cara untuk meningkatkan lift compressor centrifugal adalah dengan menaikkan kecepatan / RPM dari motor sehingga gaya centifugal bertambah besar. Tentu saja kecepatan motor akan mempengaruhi konsumsi listrik dan effisiensi chiller tersebut. Sekarang ini berkembang teknologi yang menggunakan 2 Impeler secara seri pada kompressor centrifugal. Teknologi ini disebut 2 Stage centrifugal chiller.

Dengan menggunakan 2 Impeller didapatkan daya angkat yang sama dengan putaran lebih rendah. Hal ini dapat meningkatkan effisiensi dari chiller tersebut. Tentu saja teknologi ini tidak hanya berbeda dari jumlah impellernya, pada 2stage centrifugal compressor digunakan economizer yang dapat mengembalikan refrigeran dingin pada stage ke 2. Dengan refrigeran yang lebih dingin memasuki compressor maka didapatkan effisensi entalpi yang lebih baik. hal tersebut dapat dilihat pada PH diagram dari sistem refrigerasinya.

Economizer terletak setelah proses condensor, sebagian refrigeran yang sudah didinginkan akan di ekpansi untuk mendinginkan motor dan dikembalikan ke stage ke2. Liquid refrigeran yang di injeksikan akan berrubah menjadi vapor sehingga tidak akan merusak komponen compressor. Dengan menggunakan economizer akan didapatkan part load (IPLV) yang lebih baik.

Dengan menggunakan 2stage centrifugal chiller didapatkan effisiensi yang lebih baik dan range kapasitas yang lebih jauh walaupun kondisi dari condensor tidak ideal. Karena itu 2stage centrifugal chiller cocok untuk project dengan kapasitas besar yang membutuhkan kehandalan lebih tinggi.

Titian Pramudya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s